Obat Herbal Sarang Semut Papua

 In Sarang Semut

Historis Sarang Semut Papua yang Belum Banyak diketahuisarang semut

Sebelum kita mengetahui apa itu obat herbal sarang semut sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang pulau menjadi produsen terbesar dari obat herbal sarang semut Papua ini.

Dulu pada tanggal 1 Desember tahun 1999 Presiden Ke-4 Indonesia KH. Abdurrahman Wahid(Gus Dur,red) berkunjung ke Papua(saat itu masih bernama Irian Jaya).

warga Asli Pulau tersebut meminta tuntutan kepada Presiden untuk mengganti nama Pulau tersebut dari Irian Jaya menjadi Papua. alasan mereka karena katanya Irian berkonotasi sangat Indonesia, menurut mereka nama itu berasa dari singkatan dari kalimat “ Ikut Replubik Indonesia Anti Nedherland”.

Apakah benar asal-usul nama Irian tersebut berasal dari seingkatan tersebut? Sebenarnya sejarah nama Irian adalah usulan salah satu Pejuang asli Papua yang bernama salah satu suku Papua yang berarti “ Sinar yang menghalau kabut”.

Negara Indonesia terdiri dari Ribuan Pulau yang terbentang mulau dari Sabang sampai Merauke dari sekian ribuan pulau, pulau Papua adalah Pulau yang terluas dari pulau yang lain.

Bagian tengah pulau Papua atau bagian paling timur wilayah papua adalah milik Indonesia. belahan timurnya merupakan milik Papua Nugini.

Dulu Provinsi Papua memcakup seluruh wilayah Papua Bagian Barat, akan tetapi sekitar tahun 2003 di pecah menjadi 2 bagian Provinsi yaitu bagian timur tetap memakai nama Papua sedangkan bagian baratnya memakai nama Papua Barat.

Papua memiliki luas wilayah kurang lebih 808.105 km persegi dan merupakan pulau terbesar kedua di dunia dan yang pertama di Indonesia.

Lebih dari 71% wilayah Papua merupakah hamparan luas hutan hujan tropis yang sulit dilalui karena wilayah tersebut terdiri dari lembah-lembah yang curam dan pegunungan yang tinggi dan separuh dari Pegunungan tersebut diliputi oleh salju.Obat Hebal Sarang Semut

Maka dari itulah sebagian besar Pulau Papua ditumbuhi berbagai macam Tumbuhan diantaranya yaitu, Sarang Semut

Sarang semut merupakan sejenis tanaman yang tumbuh di daerah pedalaman bagian barat Wamena, Papua, seperti suku-suku di Bogondini dan Tolikara.

Menurut Para Ahli

Tanaman ini biasanya digunakan oleh masyarakat tersebut sebagai campuran bubur dan minuman sehari-hari menurut Ahli Gizi Dr. Mien Karmini saat melakukan ekspedisi di Papua pada tahun 1995.

Sedangkan menurut Ahli pengobatan Cina, Prof Muhammad Yusuf yang telah beberapa kali mendengar tentang Obat Herbal Sarang Semut, Mengatakan sejak 3.000 tahun silam oleh masyarakat Cina Tanaman Herbal Sarang Semut ini sudah digunakan sebagai Obat Herbal.

Obat Herbal Sarang Semut

Dan juga sebenarnya Sarang Semut (myrmecodia pendans) Ini adalah sebuah tanaman yang didalamnya digunakan sebagai sarang oleh Semut untuk berkembang biak.

Didalamnya terdiri dari labirin yang digunakan oleh Semut untuk menjalankan aktifitasnya sehari-hari.

Meski sebagai tanaman yg tidak biasa pada umumnya tanaman ini memiliki sejuta manfaat yang luar biasa bagi kesehatan manusia.

Mengenal Lebih Dekat Tumbuhan Herbal Sarang Semut

Obat Herbal Sarang Semut merupakan tanaman dari Hydnophytinae(Rubiaceae) yang berasosiasi dengan semut.

Tumbuhan ini bersifat epifit, artinya ketergantungan terhadap tanaman lain, dia tidak bisa hidup secara parasit pada inangnya tetapi hanya memanfaatkannya untuk menempel seperti tanaman Benalu.

Contoh Tumbuhan Epifit lain yang biasa ditemui ketergantungan dengan tumbuhan lain adalah Lumut Kerak, Lumut, Alga, tumbuhan perambat dan Anggrek.

Sebenarnya terdapat 5 jenis tumbuhan Sarang Semut dari Klan Rubiaceae, akan tetapi hanya jenis Hydnophytum dan myrmecodia yang paling sering berinteraksi dengan Semut.

Genis sarang semut tersebut dibagi menjadi beberapa spesies sesuai dengan komponen umbinya. Hydnophytum terdiri dari 45 jenis dan Myrmecodia 26 jenis.

Keseluruhan jenis ini memiliki tekstur batang yang menggelembung yang rongga-rongga didalamnya menyerupai labirin yang umumnya dihuni oleh semut.

Tumbuhan Sarang Semut ini tersebar mulai dari Semenanjung Malaysia hingga Filipina, Kamboja, Sumatra, Kalimantan, Jawa, Papua Nugini, Cape York hingga Kepulauan Solomon.

Di Profinsi Papua, tumbuhan Sarang Semut dapat di temuai khususnya di Pegunungan Tengah, yaitu di hutan belantara Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Paniai.

Secara ekologi, sarang semut tersebar dari hutan bakau dan pohon- di pinggir pantai hingga ketinggian 2400m. Sarang Semut paling banyak ditemukan di padang rumput dan jarang ditemukan di hutan tropis dataran rendah. namun lebih banyak ditemukan di hutan dan daerah pertanian terbuka dengan ketinggian 600m.

Tumbuhan ini sering bisa kita jumpai menempel pada beberapa pohon seperti Pohon Kayu Putih, Cemara Gunung, Kaha, dan Pohon Beech, tetapi jarang pada pohon-pohon yang memiliki batang halus dan rapuh seperti Eucalyptus.

Sarang Semut juga tumbuh pada dataran tanpa pohon dengan nutrisi yang rendah dan diatas ketinggian pohon. Di habitat liarnya dihuni oleh beberapa macam jenis semut dan seringkali oleh 3 spesies dari jenis Iridomyrmex. Penelitian yang kami lakukan terhadap sarang semut.

Kandungan Senyawa Aktif  Yang Terkandung Di dalam Obat Herbal Sarang Semut

Sebenarnya Obat Herbal Sarang Semut Papua mengandung senyawa-senyawa kimia dari golongan flavonoid dan tanin.

Flavonoid merupakan golongan senyawa bahan alam dari senyawa fenolik yang merupakan pigmen tumbuhan. Untuk saat ini ada sekitar 6000 senyawa aktif yang berbeda masuk ke dalam golongan Flavonoid.

Diantara  Manfaat Flavonoid antara lain adalah untuk melindungi struktur sel, memiliki hubungan sinergis dengan vitamin C(meningkatkan efektivitas vitamin C), anti Inflamasi, mencegah keropos tulang(Oestoporosis) dan sebagai antibiotik.

Dalam banyak kasus Flavonoid dapat berperan secara langsung sebagai antibiotik dengan mengganggu fungsi dari Mikroorganisme seperti bakteri atau virus.

Dan juga flavonoid merupakan bagian penting dari diet kita karena banyak kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh seperti antioksidan.

Fungsi flavonoid sebagai antivirus telah banyak dipublikasikan, termasuk untuk virus HIV(AIDS) dan virus herpes.

Selain itu flavonoid juga dikatakan berperan dalam pencegahan dan pengobatan beberapa penyakit lain seperti Asma, Katarak, Diabetes, Encok/Reumatik,migren,wasir, dan periodontitis(radang jaringan ikat penyangga akar gigi).

Kemampuan Obat Herbal Sarang Semut untuk pegobatan berbagai jenis penyakit kanker/tumor, TBC, dan encok/reumatik berkaitan erat dengan kandungan flavonoidnya.

Kestabilan suhu didalamnya membuat koloni semut betah berlama-lama bersarang didalam tanaman ini.

Cara mengkonsumsi obat Hebal Sarang Semut papua

  • Ambil Sarang Semut -+ 100 gram dan cuci sampai bersih menggunakan air bersihObat Herbal Sarang Semut
  • Lalu direbus dengan 1  liter air mendidih sampai air tersebut bewarna coklat kemerah-merahan dan sampai air agak berkurangObat Herbal Sarang Semut
  • kemudian air rebusan sarang semut disaring menggunakan saringan air lalu diminum secara rutin tiap hari selama sebulan Obat Herbal Sarang Semut
  • Sari sarang semut siap di konsumsi dan juga Dapat direbus berulang-ulang sampai airnya putih, jika airnya sudah berwarna putih maka saat membuat rebusan lagi harus dengan irisan sarang semut baru lainnyaObat Herbal Sarang Semut

Aturan pakai:

  • Untuk dewasa: Pencegahan Minum 3 Gelas Sehari (3×1)
  • Untuk Penyembuhan minum 3-8 Gelas Sehari (6×1)

Untuk Anak-Anak:

  1. Secara umum, anak-anak usia di bawah 10 tahun diberi minum setengah takaran dewasa dengan dosis penggunaan adalah:
  • Untuk Penyembuhan: Minumlah air rebusan tersebut secara teratur 2-3 kali sehari hingga sembuh dan setiap takaran obat hanya untuk sekali pemakaian
  • Untuk Pencegahan: dapat diminum secara teratur 1-2 kali seminggu agar tetap sehat dan bugar
  • Bagi pemula sebaiknya mengkonsumsi sari sarang semut 2 kali dalam seminggu untuk penyesuaian tubuh
  • Dapat diminum juga sebagai ganti teh
  • Apabila dalam pengkonsusian obat herbal ini bersamaan dengan obat dari dokter sebaiknya di beri jarak bai setelah ataus ebelum mengkonsumsiobat ini beri jarak 2-3 jam
  • Disarankan ketika merebus obat herbal sarang semut jangan menggunakan panci yang berbahan dasar dari alumunium
Recent Posts

Leave a Comment

Hubungi Kami

Adakah yang bisa kami bantu? Silahkan mengirim email untuk bantuan kami. :)

Not readable? Change text. captcha txt
0

Start typing and press Enter to search

jual sarang semut